Sunday, July 25, 2010

Internet-an dengan Telkomsel Flash Unlimited Simpati/As

Kali ini saya gw mau share masalah koneksi internet. Sekarang kan internet bener-bener dah hampir seperti kebutuhan tiap orang, dari yang untuk kerja, pendidikan, ampe yang sekadar buat facebook-an, tapi intinya kebutuhan untuk konek dan terhubung / online itu selalu diinginkan dimanapun kita berada. saat ini, banyak sekali provider internet murah, mulai dari solusi kabel, wifi, wireless menggunakan sim card, adsl, dsb. masing-masing punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

gw orang yang sangat menjunjung tinggi kepraktisan (hehe)..dan saat ini sedang berada di tanah papua, yang tarif warnet 10rb/jam dengan koneksi yang lelet. walo ada yang cepat (dengan satelit) namun jarang sekali. ..disini sinyal handphone terbaik adalah telkomsel, dan provider inilah yang akan saya share untuk temen-temen disini karena ini solusi terpraktis di sini, dan mungkin di beberapa daerah terpencil indonesia lainnya.

kenapa pilih koneksi internet sim card ini karena ini internet yang praktis, menggunakan gprs anda bisa browsing menggunakan handphone anda langsung atau dihubungkan ke laptop sebagai modem (pada handphone yang support). Dan karena telkomsel masih merupakan provider dengan jangkauan sinyal terluas, maka pilihan jatuh ke telkomsel. Ditambah lagi telkomsel menyediakan paket internet flash unlimitednya, baik untuk pengguna kartu halo maupun kartu pra bayar nya yaitu simpati dan as.

Selama ini saya menggunakan internet melalui langsung dari hape saya (samsung jet) dan juga melalui laptop dengan jet sebagai modemnya. Provider tetap menggunakan telkomsel, karena saat ini saya menggunakan nomer simpati untuk berkomunikasi di papua ini, jadi untuk internet pun saya sekaligus menggunakan nomer yang sama. Kepraktisan cara gw ini adalah, sim card yang sudah di handphone tidak perlu di copot-copot, dan saat ingin berinternet dengan laptop tinggal dihubungkan dengan kabel data samsung jet / bluetooth (gw prefer kabel data karena koneksi lebih cepat dan juga sekalian charging, so batre hape tidak akan dried out). saat hape ini terhubung ke laptop sebagai modem, saya masih tetap bisa menerima/ melakukan panggilan telpon /sms. walo kadang suka terlambat.

Semua ini dibuat semakin nyaman dengan program telkomsel flash dari simpati unlimited, yang bisa berlangganan hanya dengan sms.. tarifnya 50rb/14 hr (384kbps), 100k/30hr (384 kbps), dan 200k/30hr (512kbps). Tiga paket ini adalah unlimited dengan quota batas pemakaian wajar (fair usage) di awal, sebesar 100 MB, 500 MB, dan 1,2 GB.

saya menyarankan paket 100k/30hr, karena budget cukup murah, dan otomatis diperpanjang setelah 30 hari, kita tinggal isi pulsa 100k, dan otomatis akan terpotong. jadi tidak perlu daftar berulang-ulang seperti paket yang 50k/14 hari.

Langkah pertama
, pastikan gprs telkomsel anda sudah aktif, dengan kirim sms ke 6616, ketik "GPRS [16 digit kartu sim card anda], atau bisa langsung menghubungi customer service telkomsel. Untuk anda yang selama ini sudah bisa berinternet/chatting di hape dengan operamini/ebuddy/palringo/mig, dsb, maka gprs anda artinya sudah aktif dan anda bisa langsung berinternet dengan mendaftarkan paket unlimited ini dan menghubungkan hape anda ke laptop/desktop dengan kabel data, dan mensetting beberapa parameter sederhana. Berikut step by step nya:

1. dari standby tekan *363#, lalu pilih nomer '3', unlimited, dari sana pilih paket yang anda inginkan, lalu tunggu konfirmasi pengaktifan telkomsel flash unlimited anda. atau melalui sms, dengan ketik 'UL REG 100' dan kirim ke 3636, atau 'UL ON 50' jika menginginkan paket yang 50k/14hr. Pastikan anda memiliki pulsa yang cukup, karena saat permintaan anda disetujui dan anda mendapatkan sms konfirmasi, maka pulsa anda otomatis terpotong sebesar 50k / 100k tergantung pemilihan paket anda.

2. jika sudah mendapat konfirmasi, berarti anda telah dapat melakukan koneksi.
3. lakukan koneksi dengan browsing di hape atau laptop.
4. untuk browsing di hape, sebelumnya buat lah new connection menggunakan apn (access point number) 'telkomsel' atau 'internet', selanjutnya username dan password cukup dikosongkan.
5. untuk koneksi menggunakan laptop/desktop. hubungkan ponsel anda dengan kabel data (dengan sebelumnya menginsatall pc suite bawaan dari hape anda, karena di sini biasanya terdapat driver yang dibutuhkan komputer anda untuk mendeteksi handphone anda sebagai modem), dan pilih menu 'pc suite' dari hape anda.
6. setelah handphone anda terhubung, dan unutk memastikan apakah modem hape anda sudah terdetect dan terinstall dengan baik, buka lah device manager.
7. klik kanan pada icon 'my computer', pilih manage, setelah keluar box, pilih tab 'device manager'
8. dalam box device manager, cari hardware 'modem', dan lihat apakah sudah ada handphone modem anda disana (nokia/samsung/sony ericsson/dan lainnya)
9. jika ada, maka handphone anda sudah terdeteksi sebagai modem. klik dua kali atau enter, maka box properties akan tampil. pilih tab advanced, pada kolom kosong extra initialization command, ketiklah AT+CGDCONT=1,"IP","internet" atau AT+CGDCONT=1,"IP","telkomsel"
10. apply dan close the box.
11. selanjutnya klik start menu, connect to, show all connection. buat lah new connection dengan menggunakan dial up modem, dan setting manual. pilih nama connection sesuai keinginan anda, username dan password dikosongkan, buat koneksi ini sebagai default connection, dan set dial up number dengan *99***1#
12. oke
13. set handphone anda untuk menggunakan network 3G only, unutk memastikan mendapat speed tercepat, atau cukup automatic/gprs untuk daerah yang tidak tercover dengan 3G area.
14. lakukan koneksi dengan pilih start menu, connet to, pilih koneksi yang baru anda buat tadi, lalu pilih properties, pastikan modem yang tercontreng adalah modem handphone anda dan dial up number juga sudah benar, jika sudah benar maka pilih ok.
15. username dan password biarkan kosong
16. klik 'dial', dan handphone anda akan menampilkan tanda sedang konek (tergantung merek handphonenya), dan jika sudah berhasil konek maka akan ada notification di kanan bawah windows anda.
17. Mulai lah browsing.. =), saat konek ini, biasanya telkomsel akan otomatis terputus jika terlalu lama idle hingga 20-30 menit, dan saat jaringan sedang sibuk, sering-seringlah 'refresh', bahkan bisa juga anda mengganti apn dari 'telkomsel' menjadi 'internet' dan sebaliknya, kadang ini bisa membantu.
18. saat konek anda juga masih bisa melakukan/menerima panggilan telefon dan sms/ tergantung handphone, jika samsung jet atau blackberry bold saya sudah pastikan bisa.
19. saat ingin selesai, tinggal disconnect, dan copot kabel data anda.

SELAMAT MENCOBA.. :)

1 comment:

  1. dok.. boleh saya tanya?? apakah anda tahu informasi dokter chandra yang bertugas di maluku utara sekarang... karena saya khawatir, tulisan anda disalahgunakan oleh orang lain... mohon infonya dok..

    ReplyDelete