Friday, December 10, 2010

Bikin Hotspot Di Rumah Pake Modem USB Smart

Baru aja nih kemarin saya memasang router 3G di rumah, supaya bisa punya hotspot sendiri kaya di kafe-kafe gitu..udah hampir setahun saya menggunakan koneksi internet dari smart dengan modem usb evdo, menggunakan paket platinum 140rb/bln dengan download speed 3,1 Mbps dan upload speed 314 Kbps Unlimited 30 hari. Walo kadang koneksi down, tapi overall koneksi cukup stabil dibanding provider-provider lainnya. Beruntung daerah rumah saya termasuk coverage smart EVDO yang cukup bagus sinyalnya.
Semakin lama semakin terasa keterbatasan internet di rumah saat kami semua berada di rumah, saat ayah kakak dan adik yang membawa laptop masing-masing dan handphone yang memiliki wifi support, semakin terasa keinginan untuk bisa bersama-sama menggunakan internet dari dalam rumah sekedar untuk browsing, chatting, dsb. Akhirnya saya berfikir untuk menggunakan router wifi, namun yang menggunakan USB 3G EVDO.

Awalnya tertarik dengan paket smart router, namun saya terlambat promo sudah habis. Lalu ada lagi promo router terbaru dengan harga 1,8 jt an yang prabayar dan 272rb/bln-an untuk pascabayar..tapi itu berarti modem usb smart zte ac2726i evdo yang sudah saya punya bisa jadi mubazir. Maka saya mulai mencari router 3G lain..setelah hunting akhirnya saya menemukan produk cina yaitu TP-Link TL-MR3420, merupakan router 3G yang sedang hot saat ini, karena harga yang cukup murah 365-380 ribu rupiah, dan bisa menggunakan usb modem baik CDMA EVDO atau GSM HSDPA, jadi lebih flexibel.

Tanpa pikir panjang saya langsung menggaet toko komputer dibilangan Gading Serpong yang saya tahu dari kaskus, karena toko ini menawarkan harga yang paling murah dari hunting saya kemarin. Penjaganya juga baik karena benar-benar mengajarkan bagaimana setting router ini (walo sebenarnya sama sekali tidak susah).

Tiba dirumah, unpacking, colok kabel power, colok LAN ke laptop (hanya untuk setting pertama kali), dan colok USB Smart ZTE AC2726 ke slot USB di router. setelah koneksi LAN di laptop sudah connected, buka browser dan ketik address http://192.168.1.1 maka langsung masuk ke site setting router tersebut. Jika ingin cepat bisa langsung quick setup, dan untuk yang lebih mengerti bisa buka tab-tab lain untuk setting sana-sini. Saya sarankan di tab 3G untuk untuk connect automatically, karena nanti router ini akan terus ditinggal dibiarkan menyala dan tidak perlu sambung ke laptop lagi dengan LAN untuk setting/connect.

Sekarang sudah satu hari router ini menyala dan sejauh ini browsing terasa lancar dari semua device kami baik dari lantai 1, 2, dan juga yang dari dalam kamar terpisah tembok. Saya meletakkan router 3G di tempat dengan sinyal SMART terbaik yang bisa saya dapatkan di rumah, di lantai paling atas tentunya dan dekat dengan pintu keluar. Saya menggunakan paket platinum dari smart yang langsung berlangganan 6 bulan dengan harga 750rb/6 bulan, sehingga jatuhnya perbulan lebih murah yaitu 125rb/bulan untuk paket Platinum Smart.

Untuk info lebih lengkapnya mengenai produk router 3G ini bisa kunjungi official sitenya di http://www.tp-link.com/products/productDetails.asp?class=3gr&pmodel=TL-MR3420

Oh iya, saya juga bisa internetan dari PC desktop saya dengan menambahkan USB wireless device di PC saya, TP-Link juga menyediakan produk yang bagus dan murah, info di http://www.tp-link.com/products/productDetails.asp?class=wlan&pmodel=TL-WN722N

Untuk rekomendasi seller di kaskus kunjungi lapaknya di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5430876

Selamat mencoba..!! :))

No comments:

Post a Comment